Perlu Dipahami, Ini Dia Keuntungan dan Kerugian dari Investasi Properti

Diterbitkan: Selasa, 6 Juni 2023

Investasi properti menjadi salah satu instrumen investasi yang digemari oleh banyak orang. Akan tetapi, ada keuntungan dan kerugian dari investasi properti yang harus kamu ketahui.

Tak bisa dipungkiri, investasi di bidang properti bisa dibilang sangat menggiurkan. Bagaimana tidak, keuntungan dari investasi properti terbilang cukup menjanjikan.

Banyak investor yang memilih untuk menanamkan modalnya di bidang properti agar dapat mengamankan hartanya dari ancaman inflasi.

Di sisi lain, kerugian-kerugian dari investasi properti pun juga ada, sehingga kamu harus bijak dalam berinvestasi properti.

Lalu, apa saja sih keuntungan dan kerugian dari investasi properti? Tenang, Glints akan menjelaskannya di bawah ini.

Keuntungan Investasi Properti

1. Terlihat secara fisik

Dilansir dari Rate City, salah satu keuntungan dari investasi properti adalah investasi yang satu ini dapat terlihat secara fisik. Berbeda halnya dengan investasi saham yang tidak terlihat fisiknya.

Dengan alasan seperti itu, maka tidak heran apabila investasi properti banyak diminati oleh pemilik modal besar.

2. Mendapatkan penghasilan lebih

Apabila kamu memutuskan untuk berinvestasi di bidang properti, salah satu keuntungan yang kamu dapatkan adalah kamu bisa mendapatkan penghasilan lebih dari instrumen investasi yang satu ini.

Seperti dilansir dari On Property, keuntungan yang akan didapatkan dari investasi properti adalah kamu dapat menyewakannya dan menghasilkan uang dari penyewaan properti tersebut.

Dengan demikian, apabila kamu sukses dalam menyewakan properti tersebut, tidak menutup kemungkinan kamu dapat menghasilkan cashflow yang positif.

3. Risiko yang rendah

Keuntungan lain yang kamu dapatkan ketika investasi properti adalah instrumen investasi ini memiliki risiko yang rendah.

Hal tersebut dikarenakan pergerakan nilai properti tidak sekencang dan sesensitif saham. Dengan keadaan seperti ini, maka investasi properti cocok dimulai oleh investor yang tidak ingin mengambil risiko tinggi.

4. Pasar yang stabil

Dilansir dari Loan Market, pasar properti bisa dibilang lebih stabil dibandingkan dengan pasar lainnya.

Dengan demikian, investasi properti merupakan investasi yang cukup menjanjikan bagi investor karena dapat mengembalikan modal.

Kerugian Investasi Properti

1. Sulit untuk jual cepat

Kerugian dari investasi properti adalah kamu tidak bisa menjualnya dengan cepat. Berbeda halnya dengan saham yang bisa kamu jual dengan cepat karena nilai likuiditasnya terbilang tinggi.

Dilansir dari Investopedia, nilai likuiditas dari investasi properti memang kecil.

Dengan demikian, apabila kamu butuh dana cepat ketika dalam keadaan darurat dan ingin menjual propertimu, kemungkinan nilai jualnya tidak terlalu tinggi.

2. Modal yang besar

Butuh modal yang besar untuk memulai investasi properti. Dengan demikian, kamu harus menabung uang terlebih dahulu agar dapat memulainya.

Kendati demikian, keuntungan yang didapatkan nantinya tentu sebanding dengan modal yang kamu keluarkan, bahkan bisa lebih besar

3. Biaya perawatan yang mahal

Salah satu kerugian lainnya saat terjun di investasi properti adalah kamu harus mengeluarkan biaya perawatan yang cenderung mahal.

Dilansir dari Canstar, biaya perawatan menjadi risiko yang harus kamu tanggung saat berinvestasi di bidang properti.

Sebagai contoh, misalnya kamu harus merawat properti apabila terjadi sesuatu seperti genteng bocor, kayu rapuh akibat dimakan rayap, dan lain-lain.

sumber: https://glints.com/id/lowongan/keuntungan-dan-kerugian-investasi-properti/#:~:text=Dilansir%20dari%20Rate%20City%2C%20salah,diminati%20oleh%20pemilik%20modal%20besar.